DESDM NTB

Kursus Singkat (shortcourse) Perencanaan Energi oleh Danida Fellowship Centre (DFC)

Pada tanggal 20 Mei sampai dengan 18 Juni 2022, Danida Fellowship Centre (DFC) sebuah Lembaga independen asal Denmark yang mengelola dana dari Kementerian Luar Negeri Denmark untuk kepentingan pendidikan dan penelitian berkelanjutan, menyelenggarakan kursus singkat (shortcourse) tentang Perencanaan Energi. Peserta yang mengikuti program ini diseleksi dari beberapa negara seperti Indonesia, Turki, Mesir dan India. Peserta yang lulus seleksi harus memenuhi persyaratan tertentu seperti familiar dengan tools perencanaan energi seperti LEAP dan mampu berbahasa Inggris secara aktif dan pasif.

Dari Indonesia, peserta yang lulus berasal dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral dan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat. Peserta yang berasal dari Provinsi Nusa Tenggara Barat yaitu Niken Arumdati, ST, M.Sc yang bertugas di Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Nusa Tenggara Barat. Adapun peserta dari negara lain yaitu 6 (enam) orang dari India, 4 (empat) orang dari Mesir dan 3 (tiga) orang dari Turki.

Selama berada di Denmark, peserta mengikuti perkuliahan di kampus Lingby, Denmark Technical University (DTU), selain kuliah juga terdapat kunjungan lapangan (excursion) ke lokasi penelitian dan produksi turbin angin untuk pembangkit listrik serta perusahaan District Heating  yang menyuplai kebutuhan heat (panas) selama musim dingin di Denmark, yang bahan bakarnya menggunakan energi terbarukan. Di samping itu, untuk menguji pemahaman terhadap materi kursus, peserta diberikan tugas harian dan tugas besar yang akan dipresentasikan di hari terakhir kursus guna mendapatkan sertifikat kelulusan.

Di sela kesibukan perkuliahan, peserta dari NTB juga melakukan kunjungan ke Kedutaan Besar Indonesia untuk Denmark dan Lithuania bertemu dengan Ibu Duta Besar Dewi Savitri Wahab,  membicarakan peluang kerjasama di bidang ekonomi dan pendidikan, sekaligus melaporkan tentang kemajuan kerjasama Denmark-NTB yang sudah terjalin sejak tahun 2019. Kemudian, kunjungan dilanjutkan ke kantor Danish Energy Agency (DEA) untuk membahas rencana penyusunan peta jalan Net Zero Emission untuk Provinsi Nusa Tenggara Barat yang berambisi untuk mencapai kondisi bebas emisi pada tahun 2050.


Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral dipimpin oleh seorang Kepala Dinas yang mempunyai tugas pokok melaksanakan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan, kewenangan dekonsentrasi dan pembantuan dalam bidang Energi dan Sumber Daya Mineral di Provinsi NTB.


NTB Prov.

KONTAK KAMI

Jl. Majapahit No.40, Kekalik Jaya, Sekarbela, Kota Mataram, Nusa Tenggara Bar. 83010

(0370) 621356
Copyright 2022. Dinas ESDM NTB.