DESDM NTB

Indonesia Investment Forum 2024: Dukung Pengembangan Energi Terbarukan NTB

Tokyo, 5 Juni 2024 - Indonesia Investment Forum 2024 di Tokyo membuahkan hasil signifikan dengan enam kesepakatan investasi, sebagian besar berfokus pada sektor energi. Salah satu kesepakatan utama adalah kerja sama pengembangan proyek sistem penyimpanan energi baterai antara Gotion Japan, Wiraraja Indonesia, Dravara Investama, dan Greenbank Japan.

Acara yang mengusung tema “Accelerating Sustainable Investment in Indonesia” ini diselenggarakan oleh Kedutaan Besar RI Tokyo, Bank Indonesia, dan Kementerian Investasi/BKPM. Forum ini merupakan bagian dari promosi terpadu Trade, Tourism and Investment (TTI) 2024 dan dihadiri oleh 100 calon investor.

Kepala Dinas ESDM Provinsi NTB, melalui Sekretaris Dinas ESDM Nusa Tenggara Barat (NTB), Niken Arumdati, mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan agenda tahunan. Ia juga mengapresiasi dukungan dari kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi NTB terhadap pengembangan energi terbarukan, termasuk partisipasi mereka dalam forum ini.

"Sebelumnya pada Indonesia Investment Forum tahun 2023 di Tokyo ada tiga proyek dari Provinsi NTB yang lulus kurasi, yaitu proyek biomassa, PLTS, dan PLT Bayu atau pembangkit listrik tenaga angin," jelas Niken melalui sambungan telepon pada Kamis, 6 Juni 2024.

Tahun ini, hanya satu proyek dari NTB yang lulus kurasi, yaitu PLTS 20 megawatt di Pulau Lombok. Selain itu, terdapat lima proyek lain dari provinsi Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Lampung, dan Sulawesi Selatan yang juga lulus kurasi dan dipresentasikan.

"Selain presentasi, juga dilakukan pertemuan bisnis atau business matching dengan tujuh calon investor yang tertarik, di mana satu di antaranya telah setuju melakukan penandatanganan perjanjian Letter of Intent (LOI)," tutup Niken. 

Forum ini menunjukkan komitmen Indonesia dalam menarik investasi berkelanjutan dan memajukan sektor energi terbarukan, sekaligus memberikan peluang bagi berbagai provinsi untuk memamerkan proyek-proyek inovatif mereka kepada investor internasional.(ysppid)


Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral dipimpin oleh seorang Kepala Dinas yang mempunyai tugas pokok melaksanakan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan, kewenangan dekonsentrasi dan pembantuan dalam bidang Energi dan Sumber Daya Mineral di Provinsi NTB.


NTB Prov.

KONTAK KAMI

Jl. Majapahit No.40, Kekalik Jaya, Sekarbela, Kota Mataram, Nusa Tenggara Bar. 83010

(0370) 621356
Copyright 2024. Dinas ESDM NTB.