DESDM NTB

PERTEMUAN STRATEGIS BPH MIGAS DAN PEMPROV NTB BAHAS PENGENDALIAN PENYALURAN BBM

Pada Rabu, 22 Mei 2024, di Ruang Rapat Biro Pemerintahan dan OTDA, berlangsung  pertemuan penting yang membahas kerja sama antara Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) dan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Fokus utama dari pertemuan ini adalah pengendalian, pembinaan, dan pengawasan penyaluran jenis bahan bakar minyak tertentu serta bahan bakar minyak khusus penugasan kepada konsumen di NTB.

Pertemuan ini dihadiri oleh Komite BPH Migas Dr. Ir. Saleh Abdurrahman, M.Sc., Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) NTB H. Sahdan S.T, M.T., serta stakeholder terkait dari Pemerintah Provinsi NTB. Diskusi dimulai dengan pemaparan mengenai pentingnya kerja sama ini untuk memastikan bahwa distribusi bahan bakar minyak berjalan lancar dan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Dalam pertemuan tersebut, berbagai aspek penting terkait penyaluran bahan bakar minyak dibahas secara mendetail, di antaranya Mekanisme penetapan kuwota, Pengendalian Distribusi, Strategi dan langkah-langkah konkret untuk memastikan distribusi yang tepat sasaran. Strategi Pembinaan bagi Pelaku Usaha, Pengembangan program pelatihan dan dukungan bagi para pelaku usaha di sektor energi. Pengawasan yang Efektif, Langkah-langkah untuk menjamin bahwa bahan bakar minyak sampai kepada konsumen tepat waktu dan dalam jumlah yang sesuai.

Saleh Abdurrahman, Komite BPH Migas, mengungkapkan bahwa BPH Migas telah memiliki Nota Kesepahaman dengan Ditjen Bina Bangda Kementerian Dalam Negeri. Ia juga menyebutkan adanya surat dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang mendorong pengawasan bersama dengan seluruh pemerintah provinsi. Hingga saat ini, tiga provinsi, yaitu Riau, Bangka Belitung, dan Bengkulu, telah menandatangani perjanjian  kerja sama tersebut.

Tujuan utama dari perjanjian kerja sama ini adalah pengawasan bersama terhadap distribusi BBM bersubsidi. Saleh menyoroti pentingnya keselarasan data antara Pertamina,  BPH Migas  dan pemerintah daerah untuk mencegah selisih yang dapat mempengaruhi pendapatan daerah dari Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB) sebesar 5%. Ia menambahkan bahwa anggaran untuk kegiatan pengawasan dan pelatihan bisa disediakan oleh BPH Migas.

Kerja sama ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas penyaluran bahan bakar minyak di Provinsi NTB, sehingga kebutuhan energi masyarakat dapat terpenuhi dengan baik. Kesepakatan ini juga bertujuan untuk mencegah penyelewengan dan memastikan bahwa distribusi bahan bakar minyak dilakukan secara transparan dan akuntabel.

H. Sahdan S.T, M.T. Kepala Dinas ESDM NTB, mengusulkan agar kajian lebih lanjut terkait pembiayaan dilakukan untuk memastikan keberlanjutan program kerja sama ini.

“Pada prinsipnya saya senang karena sekarang ESDM NTB banyak terlibat dalam pengawasan bersama distribusi migas ini, maka dengan adanya PKS ini kita bisa bergerak maksimal sehingga perbedaan data bisa kita minimalisir ,” ungkap H. Sahdan S.T, M.T.

Pada akhir pertemuan, kedua belah pihak sepakat untuk terus meningkatkan koordinasi dan komunikasi guna mewujudkan tujuan bersama dalam pengendalian, pembinaan, dan pengawasan bersama penyaluran bahan bakar minyak. Kerja sama ini merupakan langkah strategis dalam mendukung pembangunan berkelanjutan dan kesejahteraan masyarakat di Provinsi NTB.

Pertemuan ini mencerminkan komitmen kuat antara BPH Migas dan Pemerintah Provinsi NTB untuk memastikan bahwa penyaluran bahan bakar minyak bersubsidi dilakukan dengan baik, aman, dan sesuai regulasi. Dengan demikian, diharapkan tercipta stabilitas energi yang mendukung perkembangan ekonomi dan sosial di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat. (ysppid)


Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral dipimpin oleh seorang Kepala Dinas yang mempunyai tugas pokok melaksanakan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan, kewenangan dekonsentrasi dan pembantuan dalam bidang Energi dan Sumber Daya Mineral di Provinsi NTB.


NTB Prov.

KONTAK KAMI

Jl. Majapahit No.40, Kekalik Jaya, Sekarbela, Kota Mataram, Nusa Tenggara Bar. 83010

(0370) 621356
Copyright 2024. Dinas ESDM NTB.