DESDM NTB

PEMERINTAH NTB MENINGKATKAN PENGAWASAN KEWAJIBAN PEMEGANG IZIN USAHA PERTAMBANGAN: FOKUS PADA KEPATUHAN DAN EDUKASI

Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) terus mengintensifkan pengawasan terhadap pelaksanaan kewajiban oleh pemegang Izin Usaha Pertambangan (IUP). Kewajiban ini meliputi sejumlah aspek, mulai dari pembayaran pajak dan royalti hingga pelaksanaan program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) dan pengelolaan lingkungan. Penerapan sanksi tegas terhadap pelanggaran, termasuk pencabutan izin operasi, menjadi bagian integral dari upaya pemerintah untuk memastikan kepatuhan terhadap kewajiban ini. 

Kerjasama antar-dinas terbukti menjadi langkah yang efektif dalam memperketat pengawasan terhadap pelaksanaan kewajiban oleh para pemegang IUP. Hal ini merupakan tanggapan atas meningkatnya kesadaran akan pentingnya menjaga keberlanjutan lingkungan dan sosial dalam operasi pertambangan. 

Untuk itu Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi NTB mengadakan Sosialisasi terkait Pemenuhan Kewajiban Pemegang Izin Usaha Pertambangan (IUP) dan Penyusunan RKAB sebagai Pendukung Kegiatan Berusaha yang bertempat di Hotel Montana Premier Senggigi, Rabu (22/5). 

Dalam sambutannya, Plt. Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi NTB Wahyu Hidayat,S.STP., MAP menyoroti dominasi sektor Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dalam realisasi investasi di NTB selama tiga tahun terakhir. Meskipun jumlah pelaku usahanya lebih sedikit, sektor ini tetap menjadi penyumbang terbesar. 

"Sektor pertambangan ESDM sangat sensitif dan memiliki risiko tinggi. Oleh karena itu, ada sejumlah kewajiban dan persyaratan yang harus dipenuhi oleh para pelaku usaha," ujar Wahyu. "Kami hadir untuk mendampingi dan membina mereka agar bisa menunjang kesuksesan usaha pertambangan," tambahnya. 

Sosialisasi ini juga menampilkan Iwan Setiawan, ST, Kepala Bidang Minerba Dinas ESDM NTB, sebagai pembicara. Iwan memberikan panduan rinci mengenai langkah-langkah penyusunan RKAB yang mencakup analisis kebutuhan biaya dan rencana kerja tahunan yang detail. 

Lebih lanjut Iwan Setiawan, ST, menyebut Hal yang paling mendasar dalam upaya meningkatkan pemahaman dan kepatuhan pemegang Izin Usaha Pertambangan (IUP) Batuan di Nusa Tenggara Barat (NTB) adalah edukasi menyeluruh mengenai regulasi dan kewajiban hukum yang berlaku. 

“Sesuai arahan Kepala Dinas ESDM NTB dalam berbagai kesempatan agar kami terus memberikan pemahaman yang jelas dan terperinci mengenai semua peraturan dan undang-undang yang mengatur kegiatan pertambangan, termasuk aspek lingkungan, keselamatan kerja, dan kewajiban finansial,” Jelas Iwan Setiawan. 

Dengan langkah-langkah ini, diharapkan pemegang IUP Batuan di NTB dapat menjalankan operasional mereka dengan lebih bertanggung jawab, efisien, dan sesuai dengan peraturan yang berlaku. 

Selain itu, Inspektur Tambang Provinsi NTB, Junaidi, ST, juga memberikan materi mengenai Evaluasi Aspek Teknik Lingkungan dalam RKAB untuk tahun 2024-2026. Junaidi menekankan pentingnya studi kelayakan dan dokumen lingkungan yang memadai sebagai bagian integral dari RKAB. 

Acara ini memberikan kesempatan bagi para pelaku usaha pertambangan untuk mengajukan pertanyaan langsung kepada para narasumber terkait permasalahan dan tantangan yang mereka hadapi dalam memenuhi kewajiban IUP dan menyusun RKAB. 

Di akhir acara, Wahyu Hidayat menegaskan komitmen pemerintah untuk terus mendampingi dan membina pelaku usaha pertambangan. Ia menekankan bahwa kepatuhan terhadap regulasi dan penyusunan RKAB yang baik adalah kunci untuk keberhasilan dan keberlanjutan usaha pertambangan di NTB. 

Sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan pelaku usaha dalam memenuhi kewajiban perizinan serta mendukung keberlanjutan investasi di sektor pertambangan Provinsi NTB. (ysppid)


Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral dipimpin oleh seorang Kepala Dinas yang mempunyai tugas pokok melaksanakan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan, kewenangan dekonsentrasi dan pembantuan dalam bidang Energi dan Sumber Daya Mineral di Provinsi NTB.


NTB Prov.

KONTAK KAMI

Jl. Majapahit No.40, Kekalik Jaya, Sekarbela, Kota Mataram, Nusa Tenggara Bar. 83010

(0370) 621356
Copyright 2024. Dinas ESDM NTB.