DESDM NTB

Kepala Dinas ESDM NTB Anjurkan PT LTD Bangun Infrastruktur Penunjang Air

Dalam rangka meningkatkan efektivitas pemanfaatan air tanah di kawasan wisata, Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), H. Sahdan, ST. MT., bersama dengan Kepala Bidang Geologi, Air Tanah (GAT), pejabat fungsional Penyidik Bumi, dan Surveyor Pemetaan, memberikan beberapa rekomendasi penting kepada PT Lombok Torok Development (PT LTD) pada kunjungan Pembinaan dan Pengawasan (BinWas) ke lokasi proyek pengembangan "Samara Lombok" pada Selasa, 28 Mei 2024. 

Kepala Dinas ESDM menyarankan PT LTD untuk membangun sumur retensi yang bertujuan menangkap air hujan, serta mengimplementasikan teknologi biopori yang dapat meningkatkan resapan air tanah. 

"Langkah-langkah ini sangat penting untuk memastikan pemanfaatan air tanah yang berkelanjutan dan untuk mengatasi potensi kekurangan air di kawasan wisata yang sedang dikembangkan," ujar H. Sahdan. 

Kadis ESDM NTB juga menambahkan bahwa semua rencana ini harus dikonsultasikan dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk memastikan kesesuaian dan kelancaran pelaksanaannya. 

Kawasan "Samara Lombok", yang terdiri dari villa pribadi, hotel, dan sekolah pariwisata seluas 100 hektar di Dusun Torok Aik Belek, Desa Montong Ajan, Kecamatan Praya Barat Daya, Kabupaten Lombok Tengah, diharapkan dapat menjadi destinasi wisata yang lestari dan asri dengan adanya dukungan infrastruktur penunjang yang memadai. 

Rekomendasi ini muncul setelah hasil pemeriksaan yang menunjukkan perlunya penutupan satu sumur bor yang tidak termanfaatkan dan perbaikan administrasi titik koordinat pada izin sumur bor yang telah diterbitkan. Proses perbaikan ini akan dikonsultasikan dengan PATGTL Badan Geologi KESDM. 

Langkah-langkah yang disarankan diharapkan tidak hanya membantu mengatasi masalah air, tetapi juga mendukung keberlanjutan pembangunan kawasan wisata yang ramah lingkungan, sejalan dengan visi NTB untuk mengembangkan sektor pariwisata yang bertanggung jawab dan berkelanjutan. (ysppid)


Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral dipimpin oleh seorang Kepala Dinas yang mempunyai tugas pokok melaksanakan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan, kewenangan dekonsentrasi dan pembantuan dalam bidang Energi dan Sumber Daya Mineral di Provinsi NTB.


NTB Prov.

KONTAK KAMI

Jl. Majapahit No.40, Kekalik Jaya, Sekarbela, Kota Mataram, Nusa Tenggara Bar. 83010

(0370) 621356
Copyright 2024. Dinas ESDM NTB.