DESDM NTB

DINAS ESDM NTB TINJAU PROYEK BIOGAS DI SAMBELIA: DORONG PEMANFAATAN ENERGI TERBARUKAN DAN PENGELOLAAN LIMBAH ORGANIK

Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Nusa Tenggara Barat (NTB), mengunjungi proyek biogas energi baru terbarukan di Desa Padakguar, Kecamatan Sambelia, Kabupaten Lombok Timur (16/5).

Kunjungan ini bertujuan untuk meninjau perkembangan proyek yang menjadi bagian dari upaya provinsi dalam meningkatkan penggunaan energi ramah lingkungan. 

Proyek biogas ini dirancang untuk memanfaatkan limbah organik dari peternakan dan pertanian setempat, mengubahnya menjadi sumber energi yang dapat digunakan oleh masyarakat sekitar. 

Dalam kunjungannya, Kepala Dinas ESDM NTB H. Sahdan S.T, M.T. menyatakan pentingnya proyek ini sebagai solusi energi yang berkelanjutan.

“Proyek biogas ini merupakan langkah maju dalam upaya kita untuk memanfaatkan potensi energi terbarukan yang ada di daerah. Ini tidak hanya menyediakan sumber energi yang bersih, tetapi juga membantu mengelola limbah organik secara efektif,” ujar Kepala Dinas ESDM NTB. 

Selama kunjungan, H. Sahdan S.T, M.T. berdiskusi dengan tim pengembang proyek dan warga setempat yang terlibat dalam pengoperasian fasilitas biogas. Beliau menekankan pentingnya kolaborasi antara pemerintah, masyarakat, dan pihak swasta dalam mengembangkan dan memelihara inisiatif energi terbarukan seperti ini. 

Proyek biogas di Desa Padakguar diharapkan dapat memberikan manfaat nyata bagi masyarakat, termasuk pengurangan biaya energi dan peningkatan kualitas lingkungan. Selain itu, proyek ini juga membuka peluang lapangan kerja baru bagi warga setempat, baik dalam tahap konstruksi maupun operasionalnya. 

“Kami berkomitmen untuk terus mendukung proyek-proyek energi terbarukan di NTB. Dengan adanya proyek biogas ini, kami berharap dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan,” tambahnya. 

Kunjungan ini juga untuk memastikan bahwa semua tahapan pembangunan berjalan sesuai dengan rencana. 

Dinas ESDM NTB melalui Bidang Energi akan terus memantau perkembangan proyek dan memberikan dukungan yang diperlukan agar manfaat energi terbarukan dapat dirasakan secara maksimal oleh masyarakat NTB.(ysppid)


Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral dipimpin oleh seorang Kepala Dinas yang mempunyai tugas pokok melaksanakan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan, kewenangan dekonsentrasi dan pembantuan dalam bidang Energi dan Sumber Daya Mineral di Provinsi NTB.


NTB Prov.

KONTAK KAMI

Jl. Majapahit No.40, Kekalik Jaya, Sekarbela, Kota Mataram, Nusa Tenggara Bar. 83010

(0370) 621356
Copyright 2024. Dinas ESDM NTB.